Iklan
News Ticker

Tips Rahasia Membeli Motor Bekas

Kendaraan bekas masih bisa menjadi pilihan bagi konsumen, ternyata ada juga tips dan trik yang digunakan ketika akan membeli barang second hand ini. Tips umum ketika akan membeli kendaraan bekas diantaranya :

  • Membawa montir
  • Mencari info di internet
  • Bertanya pada komunitas atau grup
  • Melakukan test ride,

 

delaer motor bekas luar negeri

Ternyata ada juga tips yang agak spesifik yang bisa kita lakukan ketika akan meminang kendaraan, khususnya motor bekas. Berikut diantaranya:

motor bekas dingin

  • Pastikan Mesin Motor Belum Dipanaskan

Ketika bersiap pergi untuk melihat langsung motor yang kita incar, ingatkan penjual untuk tidak memanaskan mesinnya terlebih dahulu. Mesin yang sudah dipanaskan akan sangat mudah untuk dinyalakan dan bisa menyembunyikan banyak masalah sebenarnya pada mesin. Pastikan kita jadi yang pertama kali menyalakan mesin motornya dan dari keadaan dingin. Ini adalah trik kunci di awal proses pembelian untuk melihat seberapa baik kondisi mesin motor.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

  • Kilometer Tinggi Tidak Tentu Lebih Jelek Kilometer Rendah

Sekarang kita cek odometer alias berapa jauh trip yang telah ditempuh motor tersebut. Yang diketahui selama ini adalah bahwa capaian kilometer rendah memiliki kualitas yang lebih baik daripada yang odometernya punya angka lebih banyak. Ternyata itu tidak sepenuhnya benar. Motor yang sering digunakan, apalagi jika dirawat dengan baik, jauh lebih berkualitas dan teruji ketimbang motor yang memiliki kilometer rendah atau yang lama didiamkan di garasi (apalagi di pegadaian hahahaha…. ).

  • Tampilan Mulus Bisa Menipu

Mana yang lebih mudah, memperbaiki mesin atau tampilan motor? Jangan pernah tertipu dengan mulusnya bodi atau tampilan motor. Bagaimanapun, memperbaiki mesin yang rusak akan jauh lebih sulit dan memakan biaya daripada sekadar mengecat atau memperbaiki bodi. Ini berlaku untuk motor bekas, nah kalo mobil bekas reparasi mobil bisa jadi lebih tinggi

Penjual motor bekas juga biasanya merapikan bodi dan tampilan motor agar terlihat menarik dan menjadi kamuflase dari kondisi motor sebenarnya. Dan yang digunakan bisanya adalah cat semprot termurah. Dengan teknik khusus dan pengalaman, jreeeeng jadilah “dagangannya” jadi mulus dan menarik tanpa cacat. Jadi, pastikan kita lebih teliti terkait hal ini, termasuk komponen-komponen elektrikal.

  • Harga Mahal, Tanya Lebih Banyak

Jika kita menelepon penjual terlebih dahulu sebelum melihat motor, pastikan kita banyak bertanya soal motor tersebut, jika harganya terbilang tinggi. Cari informasi sebanyak-banyaknya, termasuk soal riwayat servis atau penggantian sparepart.

Tetapi jika harganya terbilang murah (namun masih wajar), jangan terlalu banyak bertanya. Si penjual pastinya memiliki alasan tersendiri mengapa membanderol motor semurah itu dan biasanya mereka ingin motornya cepat-cepat terjual dengan mudah. Jadi, jangan menyusahkan si penjual di awal proses pembelian. Jika murah, tanya beberapa pertanyaan spesifik saja misalnya cerita singkat sejarah motor tersebut, mengapa dijual, bagaimana surat-surat dan pajaknya.

Jika murahnya terlalu, kita justru perlu sedikit curiga, apakah telat pajak, surat- surat bermasalah atau ada hal lain lagi

  • Respek

Jangan pernah berkata, “Harganya tidak sesuai dengan kondisi” karena ini akan merendahkan posisi si penjual. Pastikan menjelaskan berapa uang yang sanggup kita bayar, bukan menjelaskan pada penjual harga yang sesuai dengan pemikiran kita untuk motor tersebut.

Lebih baik jelaskan budget kita atau alasan mengapa kita memberikan tawaran yang lebih sedikit. Misalnya, untuk kebutuhan servis di kemudian hari atau ada pajak yang tertunda.

Hargai penjual dan mereka akan balik menghargai kita. Datang tepat waktu sesuai perjanjian, tawar sewajarnya, sabar dan tahan emosi.

  • Ikatan Emosional

Bisa jadi penjual memberikan harga tinggi karena ada keterikatan emosional tertentu dengan motor yang mereka jual. Penjual tentu tidak ingin motor yang sempat disayangi berpindah ke tangan yang salah.

Jadi, berikan mereka jaminan bahwa motor akan berpindah ke tangan yang tepat. Menjelaskan seperti apa pengetahuan kita tentang motor tersebut atau seperti apa hobi kita pada sepeda motor, akan sangat membantu proses penawaran.

Referensi : CarMuDi

Iklan

4 Comments on Tips Rahasia Membeli Motor Bekas

  1. Tipsnya berguna banget nih…

    Hot sale Kawasaki neehhh…

    https://motorrio.com/2016/06/22/hot-sale-kawasaki-2016-serbu/

    Suka

  2. Hmmm..sipp pakde

    Suka

  3. ikut nyimak gan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: