Iklan
News Ticker

Kesenjangan Prestasi Klub Sepakbola Liga-liga Eropa

Liga Sepak bola di Benua Eropa, bisa dibilang sekarang yang tergolong kelas satu adalah Liga Inggris, Spanyol, Italia, Jerman lalu Perancis, Belanda dan Portugal. Nah di negara-negara tersebut ternyata banyak terjadi kesenjangan prestasi, dimana juara liga hanya diraih oleh tim yang itu-itu saja, seolah yang lain cuma penggembira. Mari kita simak:
Pertama kita lihat liga Spanyol yang prestasi negaranya sedang melonjak, tampak Juara Liga diraih dengan dominasi oleh Real Madrid dengan selisih 8 kali dengan saingan terdekatnya Barcelona, masih mungkin disamai beberapa tahun ini jika kondisinya kekuatan keduanya stabil. Lalu di peringkat ketiga ada Atletico dengan selisih 22 kali dan seterusnya ke bawah baru dapat capaian 1 digit. Melihat kekuatan finansial, yang berbanding lurus dengan kekuatan tim, maka hanya Barcelona yang ada kemungkinan bisa menyamai Madrid.
Pindah ke Italia, Juventus mendominasi di atas duo Mlan dengan selisih 14 kali, cukup jauh memang. Agak susah menyamai tim Zebra ini. Ketiga tim teratas punya kesamaan corak kostumnya, yaitu garis hitam, berbeda di warna kombinasinya.
Lanjut ke Liga Premier Inggris, di sini persaingan lebih ketat. Manchester United cuma berjarak 2 kali dengan Liverpool dan 7 kali dengan Arsenal. Masih manusiawi. Tiga tim teratas berkostum dasar warna merah.
Bundesliga Jerman, Bayern Munich terlalu mendominasi Liga dengan selisih 17 kali dengan Nuernberg dan 18 kali dari Dortmund. Akan sangat sulit menyamainya ke depan.
Pindah ke Belanda, Eredivisie ini dikuasai Ajax dan PSV dengan selisih cuma 5 kali, masih ada kemungkinan disamai. Disusul Feyenord dengan seilih yang jauh, 16 kali. Dan yang unik, 4 tim dengan capaian terbanyak ini punya warna kostum yang sama, Merah kombinasi putih, hanya berbeda coraknya saja.
Liga Perancis, umurnya belum terlalu lama, hasilnya capaiannya cukup merata, dan sepertinya ada era masing-masing. Dulu era Marseille, kemarin era Lyon yang 7 kali juara dan sekarang eranya PSG.

Pindah ke barat lagi, Portugal. Mirip Liga Spanyol, ada dua tim mendominasi dengan selisih dibawah sepuluh kali, Benfica dan Porto. Jarak 8 kali masih ada kemungkinan disamai.
Di bawah liga-liga ini ada Liga Skotlandia, Liga Turki dan Liga negara-negara Eropa timur

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: