Iklan
News Ticker

Panama Paper, Apakah Itu?

Serunya.net – Data perusahaan hukum dari Panama, Mossack Fonseca bocor ke publik. Dokumen tersebut dikatakan mengungkap berbagai korupsi dan perjanjian bisnis mencurigakan oleh para pemimpin negara, politisi, atlet dan tokoh-tokoh penting lainnya. 
Mossack Fonseca adalah perusahaan hukum yang menyediakan jasa offshore atau pengelolaan bisnis di luar negeri terbesar keempat di dunia. Salah satu kegaitan bisnis Mossack Fonseca adalah penyediaaan perusahaan-perusahaan tidak aktif atau shell company yang digunakan untuk menutupi kegiatan finansial klien-kliennya. 
Dokumen yang bocor tersebut disebut sebagai Panama Papers. Yang sebenarnya telah diterima oleh sebuah media di Jerman namun baru dipublikasikan baru-baru ini.
Panama Papers berisikan data perusahaan-perusahaan offshore dan shell company milik 140 politisi, pejabat negara, atlet dari seluruh dunia dan termasuk diantaranya kepala negara dan pemerintahan. Dan di dalamnya tidak ketinggalan terdapat keterlibatan tokoh-tokoh Indonseia
Panama Paper berisi 11,5 juta dokumen (kurang lebih 2,6 terabytes data 214 ribu shell company dari periode 1970an hingga 2016) dan dianggap sebagai kebocoran dokumen terbesar di dunia. Dokumen ini telah diteliti oleh sebanyak 400 jurnalis dari 100 media dari 80 negara, berlangsung selama setahun sebelum dipublikasikan baru-baru ini.
Bebarapa tokoh dunia yang tercantum dalam Panama Papers
Perbandingan “dokuman bocor” di tingkat dunia
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: