Iklan
News Ticker

Mitos Lokasi Di UGM Yang Berhantu (2)



Serunya.net – Kampus UGM adalah universitas negeri tertua di Indonesia. Dalam sejarahnya yang panjang, tentu banyak sekali muncul kisah-kisah hantu di UGM. Setelah mengulas tempat-tempat angker di Jogja, kini Jogja Student membahas tempat-tempat angker yang tempatnya para hantu di UGM. Inilah diantaranya:

1. Jembatan Fakultas Pertanian 
Ada sebuah jembatan di kampus UGM yang menghubungkan laboratorium diagnostik Fakultas Kedokteran Hewan gedung lama dengan Fakultas Pertanian, sebelah utara lembah UGM. Di jembatan itu dikenal akan sosok hantu wanita berkerudung, namanya Rohana. Rohana adalah penunggu jembatan Pertanian ini. Saking terkenalnya, Rohana sudah menjadi urban legend yang dipercaya dari generasi ke generasi mahasiswa pertanian UGM. Pada umumnya para korban yang melihat sosok Rohana adalah mereka pertama-tama melihat wanita misterius itu berjalan di jembatan sampai akhirnya sosok itu melompat ke bawah. Namun saat dilihat ke bawah tak ada siapapun. Sebaiknya hati-hati bila kamu sedang melitas di bawah jembatan pertanian atau ingin mojok di jembatan itu, ya karna keangkerannya itu. Kecuali kalau kamu memang mau ketemu sama hantu di UGM.


2. Fakultas Ekonomi 
Di area Fakultas Ekonomi dipercaya ada sosok hantu yang dijuluki mbak Yayuk. Bahkan penampakan Mbak Yayuk pernah tertangkap di kamera CCTV. Konon mbak Yayuk ini adalah mahasiswi abadi yang skripsinya sering ditolak. Dan karena kecewa, dia bunuh diri dengan melompati gedung. Kini ia beneran menjadi mahasiswa abadi di Fakultas Ekonomi UGM. Sekarang ini hantu Mbak Yayuk sering menampakkan diri di gedung M.Si, gedung yang terletak antara FE dan Fisipol. Tapi jangan salah sangka, konon mbak Yayuk ini baik lho. 


3. Bundaran Teknik UGM 
Terkabar mitos yang sudah dipercaya banyak mahasiswa UGM dari generasi ke generasi seputar area bundaran teknik UGM. Mitos itu adalah pelarangan menyanyikan lagu Gugur Bunga di area itu. 
Konon, jika kamu menyanyikan lagu Gugur Bunga di bundaran teknik UGM saat malam hari dan sendirian, akan ada sosok misterius atau kejadian mengerikan. Cobalah sendiri untuk membuktikan kebenarannya. Lumayan kan, siapa tau kamu dapat kenalan hantu di UGM sebelum lulus.


4. Balairung UGM (Rektorat) 
Gedung rektorat UGM dipercaya sebagai lokasi penampakan pria Belanda dengan dandadan super rapi. Namanya Menir Josep. Ia kerap kali muncul ketika beberapa mahasiswa sedang beraktifitas hingga malam hari di kampus dan hilang saat dilihat atau dikejar. Di tahun 1976 ketika kuliah masih di gedung pusat, Menir sering gentayangan di Fak. Filsafat, Geografi, dan Psikologi (Sekarang lantai. II Gedung Pusat). Dia suka membuka-tutup pintu dan membolak balik buku. Sosoknya tinggi kurus dan jalannya sangat cepat. Tahun 90-an menjadi waktu di mana banyak mahasiswa mengakui melihat sosok Menir Belanda. 

Hampir bisa dipastikan semua karyawan Gedung Pusat tahu dan pernah lihat sosok Menir. Tahun 200an, pernah suatu ketika sekitar pukul 10 malam, ada dua mahasiswa Geofisika UGM yang sedang ngenet di rektorat. Tiba-tiba datang seorang bapak tua dan duduk bersama mereka. Ketika salah satu dari dua mahasiswa itu mengambil bolpoin yang jatuh di lantai, ia kaget karena hanya ada dua pasang kaki, padahal di situ ada 3 orang. Ia menyadari ternyata kaki Josep Meneer itu mengambang. Ia lantas memutuskan pulang. Merasa tak enak dengan teman yang ditinggalkannya, ia mengirimkan SMS supaya teman menjatuhkan pulpen dan melihat ke bawah. Anak itu langsung kaget saat tahu kaki bapak itu ngambang. Mencoba tenang dan tetap terlihat sopan, ia pamit kepada sang bapak. “Mau pulang karena sudah malam apa karena sudah tahu?” jawab sang bapak tua. 

5. Gedung Registrasi Lama 
Gedung registrasi lama terletak di Gg. Kinanthi, utara MM UGM. Sekarang gedung ini diruntuhkan dan dibangun asrama mahasiswa. Kawasan gedung registrasi ini udah sejak lama dianggap sangat angker. Di lokasi ini kerap bertebaran bau-bau menyengat sampai penampakan seorang wanita. Setelah dibangun asrama mahasiswa, mungkin suasananya berubah. Tapi dulu, sebelum 2007, saat gedung registrasi ini masih bediri, kawasan ini sangatlah gelap, terutama di malam hari yang sepi. Bahkan depan gedung, sekalipun diluar gerbang, setiap orang yang melintasi di Gg. Kinanthi ini pun bisa merasakan nuansa mistisnya. Jika kalian bertanya kepada orang disekitar lokasi ini, pasti mereka akan menjawab disinilah tempat paling angker se kampus UGM.



6. Gedung Fakultas Geografi 
Penampakan ini dialami oleh Bayu, mantan aktivis Jamaah Musholla Geografi (JMG) yang saat kuliah sering menginap di kampus di malam hari. Ia kerap melihat penampakan kuntilanak dan kepala perempuan melayang di sekitar Fakultas Geografi. Seakan membenarkan, banyak mahasiswa yang percaya kalau di daerah sekitar fakultas geografi, yakni di dekat Magister Manajemen, hutan kampus dan selokan mataram, memang kerap menjadi lokasi penampakan sesosok putih seperti kuntilanak yang melayang di udara.


7. Fisipol UGM
Ada lokasi yang kerap muncul penampakan di Fisipol UGM. Lokasi pertama adalah di taman Fisipol. Di kawasan ini konon kerap muncul penampakan cahaya yang tiba-tiba bisa berubah menjadi sosok perempuan. Lokasi kedua adalah di Plaza. Konon di Plaza Fisipol ini kerap ada penampakan bagian tubuh yang tercecer. Tangan ada di plaza, dan kaki ada di ruang kelas. Tersebar. teori saya saja sih, belum ada riset untuk menanyakan kenapa ada nisan-nisan di taman depan, apa malah buat hiasan ya?


8. Fakultas Kedokteran
Kisah ini konon dialami sekelompok mahasiswa kedokteran yang sedang belajar di kampus hingga malam karena akan ujian praktek anatomi tubuh. Saat sedang belajar, mereka tiba-tiba datang bapak-bapak berusia sekitar 30an. Kemudian terjadi perbincangan dengan sang bapak: Bapak: Lagi belajar buat ujian praktek besok ya? Mahasiswa: Iya ni pak. (Jawabnya sambil acuh) Bapak: Mau saya kasih tau nggak soalnya yang keluar apa? Mahasiswa: Bapak bercanda aja nih. Bapak: Saya serius, soalnya saya yang ngetik soal ujiannya, kalo nggak percaya nggakpapa, tapi baca-baca aja dulu. Mahasiswa: Yaudah pak, sini deh nggak papa pak, buat belajar. Setelah diberikan, sang bapak langsung pergi tanpa pamit. 
Keesokan harinya, soal yang diberikan sang bapak 100% sama persis sama soal ujian prakteknya. Para mahasiswa itu tentu senang bukan kepalang. Tetapi kemudian ketika ujian praktek langsung, mereka terperangah. Mayat yang jadi bahan praktek adalah mayat sang bapak yang semalam memberikan soal-soal praktek. Mereka ketakutan. Mahasiswi yang mengetahui pada nangis.

9. Gedung Perpustakaan Pusat Lama 
Lokasi gedung ini bersebelahan dengan MIPA selatan, depan Kopma UGM. Dulu gedung ini digunakan untuk Perpustakaan Unit 2 dan Swaragama. Gedung ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama digunakan untuk data, administrasi perpustakaan, mushola, dan cybernet. Lantai kedua murni untuk buku-buku perpustakaan. Lantai tiga digunakan hanya untuk operasional radio Swaragama. Menurut kabar dari penyiar-penyiar lama, saat mereka bekerja sendiri atau sedang piket malam, kadang-kadang mendengar atau merasakan aktifitas lain di lantai tiga. Seolah-olah di lantai itu juga sedang ada yang menggunakan untuk keperluan akademik atau perpustakaan. Padahal kalau malam tidak ada pelayanan apapun untuk mahasiswa, karena perpustakaan UGM ditutup pukul 4 sore.


10. Fakultas Filsafat
Ada dua lokasi yang konon kerap muncul hantu di Fakultas Filsafat UGM. Pertama di gedung kuliah lantai tiga. Di tempat ini seorang mahasiswa pernah melihat sosok laki-laki berkacamata dengan pakaian adat jawa dan memakai blangkon. Wajahnya mirip dengan Prof. Notonagoro. Tidak hanya sekali. Kadang seorang mahasiswa yang sedang duduk-duduk di depan sekretariat Komunitas Tiga Ruang (KTR sekarang sudah ambruk) Filsafat juga melihat sosok ini dari bawah. Lokasi kedua adalah di perpustakaan Filsafat. Hantu di tempat ini sering mengeluarkan suara-suara aneh pada malam hari seperti orasi yang dilakukan para mahasiswa pada umumnya. Maklum, dulunya banyak orator mahasiswa di fakultas ini.


11. Fakultas Hukum 
Dari info yang berkembang di kalangan mahasiswa, tidak ada penampakan yang secara berkala muncul di Fakultas Hukum. Hanya saja menurut penuturan mahasiswa lama yang masih kerap ke kampus, di lokasi kantin FH UGM sering tercium bau-bauan dengan aroma yang aneh. Bau-bauan ini menurut cerita seperti bau bunga-bunga bercampur dengan bau ketela busuk. 

Cerita dari Elvira Soeroamidjojo :
“Saya FH UGM 2004. Pengalaman pribadi aja, karena sering ikut moot court jadi sering nginep kampus.. Jadi lumayan sering dapat kenalan “mahasiswa malam” FH UGM. Dulu pas nginep di kampus (tahun 2006) di ruang foto copy, sekarang ga tau diubah jadi ruang apa, lokasi dekat sekretariat akademik yang sebelah WC, malam-malam saya ke WC sebelah ruang fotocopy itu, pas keluar liat ada temen mau ke WC juga. Saya tanya, “kok ngantri ke? Kan WC lain kosong” (kalau ga salah ada 3 ato 4 WC disitu, “Airnya ga ada” jawab temen saya singkat, “Kok kamu pucet bgt?” Tanya saya karena memang temen saya mukanya pucet pake banget “Capek, kan kita sudah begadang seminggu lebih” jawab temen saya lagi lalu dia masuk kamar mandi dan saya kembali ke ruang fotocopy. Daaaannnn saat saya masuk ruangan dengkul saya langsung lemes, temen saya yang masuk kamar mandi ternyata ada di ruangan sedang duduk manis membaca berkas, ternyata yang saya ajak ngobrol itu bukan temen saya dooong.. 

Cerita dari MCC Bulaksumur II :
“Saya FH UGM 2011… Nih saya tambahin daftar lokasi angker lain di Fakultas Hukum UGM:

  • Law Library Mahasiswa FH UGM yang ikut Lomba Peradilan Semu pasti sering pulang malem, dan setiap kali mereka lewat Law Library, katanya pernah ada bayangan putih keluar masuk dinding kaca yang padahal ga ada pintunya. 
  • Gedung 7 FH UGM Ini tempat ngetem favorit para fakir internet di FH UGM. Sering ada yang baru cabut dari sini jam 1 pagi. Cabutnya bukan gara2 udah ngantuk atau gara2 donlotannya udah kelar, tapi gara-gara denger suara genteng ditimpukin batu atau kejatuhan buah, padahal ga ada angin ga ada apa apa, dan gara-gara denger tong sampah di lantai dua tiba-tiba jatoh, padahal di lantai dua ga ada tong sampah. 
  • WC Gedung 2 FH UGM Dulu di depan WC ini ada kacanya (sekarang udah direnovasi), terus menurut pengakuan salah seorang dosen, dulu waktu doi masih jadi mahasiswa, pernah malem2 masuk WC sana, pas keluar, dia ngeliat di kaca, di belakangnya dia ada cewek baju merah rambut panjang, eh pas balik arah, ternyata di belakangnya ga ada siapa-siapa…. 
  • WC Cowok Gedung 4 Lt. 3 FH UGM Kalo malem, airnya suka nyala sendiri padahal ga ada yang make dan ga ada yang nyalain… 
  • Depan Kantor Dekanat FH UGM Jadi ceritanya di depan ruang dekan ini ada kabin buat pamerin piala-piala yang pernah dimenangin FH UGM. Dan lampu di selasar yang ada kabinnya ga pernah mati. Ada satu alasan kenapa selasar di depan ruang dekan FH UGM lampunya selalu nyala 24 Jam… Karena kalau lampunya dimatiin, besok paginya pasti ada piala yang berubah tempat atau jatoh ke lantai… Padahal kabin-nya ditutupin kaca. Sekian… Nanti kalau inget saya tambahin. hehehe. 


12. Fakultas Teknik 
Terdapat pohon beringin di didepan Fakultas Teknik UGM, jangan sekali-kali kamu mengusik tampat ini atau mencoba menebangnya. Konon disinilah tempat tongkrongan para jin dan dedemit yang paling banyak. Daerah parkir di belakang Fak. Teknik Kimia juga konon angker. Tempat yang menjadi kawasan parkir ini adalah kawasan berdiamnya sosok lelaki bertubuh besar yang kerap dikenal oleh orang Jawa sebagai hantu genderuwo. Tak hanya genderuwo yang kerap menghantui mahasiswa teknik UGM, kerap kali di area ini juga tercium bau anyir darah yang sangat menyengat. 


13. Masjid Kampus UGM 
Dulu, tanah tempat berdiri masjid kampus UGM adalah bukit kuburan Cina. Di Masjid Kampus ketika awal-awal dipakai, seorang mahasiswa ankatan 90an bernama Ma’rufin Sudibyo pernah tindihan saat nginep di Maskam. Dalam kondisi setengah sadar, ia melihat potongan kaki raksasa (tanpa badan) menginjak dada. Di lain waktu pernah juga liat hantu glundung pringis terbang di halaman depan. Namun kini di lokasi ini kini tak terlalu angker. Jarang pula terjadi hal-hal yang aneh di masjid kampus. Tapi bukan berarti di kawasan itu tidak angker lagi. Bukan di masjid kampus, tapi di TK dan tanjakan TK dekat masjid kampus. Konon seringkali orang yang tengah berjalan di kawasan ini ditepuk pundaknya oleh seseorang yang tidak terlihat. Tentu ini terjadi saat malam hari. Sebagian besar kejadian itu terjadi di saat hujan. Ada pula yang mengatakan kalau hantunya berupa penampakan anak kecil, sehingga sering terjadi kecelakaan di sebelah timur komplek masjid. 


14. Gedung MIPA Selatan dan Ruang Praktikum MIPA 
Ceritanya Maret 2009 ketika tengah ujian ada seorang mahasiswa kebelet buang air besar, lantas ia bergegas ke salah satu WC gedung MIPA selatan. Tidak ada yang aneh ketika ia sedang di WC. Biasa-biasa saja. Lantas ada bunyi keran terbuka dan suara orang mandi di bilik sebelahnya. Setelah selesai buang air, si mahasiswa itu menengok ke bilik sebelahnya, ternyata kosong tapi keran di WC itu terbuka semua dan dia hanya sendirian di WC itu. Padahal tak lama sebelumnya terdengar suara orang sedang mandi. 

Ada juga cerita angker di MIPA yang mengatakan kalau tangga di lantai dua gedung MIPA selatan itu berhantu karena konon ada pembunuhan personel keamanan MIPA. Dari arsitektur gedung, komplek gedung MIPA selatan memang terlihat seram, karena memang gedung lama dengan konstruksi arsitektur jaman belanda. Lokasi lain adalah ruang praktikum FMIPA. Hampir sama dengan di kantin Fakultas Hukum, di ruang praktikum Fakultas MIPA ini angker bukan karena ada penampakan. Tetapi di kawasan ini terkadang terdengar suara-suara aneh seperti tangis bayi, pintu di banting atau barang yang jatuh di lantai. Namun kalau kita memeriksanya, tidak ada satu orangpun yang berada di ruangan itu. Memang tidak ada penampakan sih, tapi kalau kamu lagi di kampus lalu tiba-tiba ada suara bayi kan ngeri juga. 

15. Gelanggang Mahasiswa UGM 
Gelanggang mahasiswa adalah pusat kegiatan mahasiswa yang sudah dibangun semenjak tahun 70-an. Jika kamu menuju kawasan ini siang hari mungkin tampak biasa saja. Cobalah datang di malam hari sendirian, maka kamu akan merasakan situasi yang cukup mencekam. Bagian dalam dan belakang Gelanggang Mahasiswa kerap kali menjadi lokasi penampakan yang menghantui mahasiswa. Beberapa sosok yang kerap terlihat adalah kakek tua, kuntilanak, wanita tertawa atau laki-laki dewasa yang mendadak muncul dan menghilang tiba-tiba. Kadangmereka beraksi di ruang gamelan Gelanggang. Konon gamelan tiba-tiba berbunyi itu sudah biasa. 

Kisah dari Pandu Wibowo : Ada yang lebih angker dari semua itu, yaitu di Gelanggang Mahasiswa. Kalo kalian lewat pintu utara, ruangan kedua dari pintu utara adalah markas jin, iblis, gendruwo, demit, tuyul, babingepet dll.. Tapi anehnya, di pintu ketiga dari pintu sayap utara, berkumpul para bidadari2 cantik, malaikat cinta, aphrodite dan dewi-dewi lainnya.. Penasaran?? gak perlu malem2 buat ngeliat penampakannya, datang aja siang bolong.. Wah itu makhluk astral pasti banyak yang menampakan dirinya…hehehe 

16. Fakultas Biologi (Tambahan) 
Menurut, Agung Surono Karsonoseputro di group FB Kagama, banyak kesaksian yang mengatakan fakultas ini juga tergolong angker, terutama di green housenya Lab. Fisiologi Tumbuhan dan Lab. Taksonomi Tumbuhan bawah. Sumbernya dari kamar kecil di sebelah utara Lab aksonomi Tumbuhan bawah. Tapi bagian itu kini sudah rata dengan tanah. Lokasi lain yang angker adalah entomologi dan lantai 3 Biologi, terutama di komplek Laboratorium A. 
Di kawasan ini sering ada bau soto, dan ada yang bilang ada pocongnya. Demikianlah tempat-tempat angker tempatnya para hantu di UGM. Cobalah temui salah satunya, supaya kenanganmu selama kuliah di Jogja tidak hanya mantan. Setelah membaca artikel ini, ada baiknya kamu melihat daftar instagram mahasiswi berparas bidadari, supaya kamu tidak parnoid.

Ini ada lah urban Legend yang berkembang dari dahulu. Melihat kondisi kampus UGM sekarang yang makin ramai dengan Mahasiswa, jalan umum yang melintas juga makin banyak, tempat yang semula sepi menjadi ramai, lokasi kosong sekarang dibangun, kemungkinan apa yang dikenal sebagai “makhluk halus” tersebut bisa jadi tersingkir.

Dan ingatlah, tidak ada yang namanya ARWAH GENTAYANGAN, makhluk halus tersebut adalah Jin yang menyerupai manusia. Jin juga punya “peri kemanusiaan” yaitu suka cari perhatian, makin mendekat jika diberi perhatian dan agak pergi jika merasa dicuekin.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: