Iklan
News Ticker

Sekilas Tentang TRABAS dan Adventure Trail Indonesia

trabas - trail adventure bandung - dirt bikers indonesiaDirtBikers.net - Sobat trail mania di Indonesia pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata TRABAS, yupsss,... itoe betoel adanja,... DBI akan sedikit mengulas kaitan antara kata TRABAS dengan Trail Adventure. Kebanyakan trail mania ketika berbicara mengenai Trail adventure offroad, mayoritas salah menyebutnya dengan kata Trabas, karena kata ini lebih gampang diucapkan ketimbang Trail Adventure. “Trail Adventure Bandung Assosiation atau bisa disingkat dengan TRABAS memang salah satu club Adventure trail paling tua di Indonesia karena sudah berdiri dari tahun 1995. Dan saat ini boleh dibilang salah satu club adventure terbesar dengan beranggotakan lebih dari 800 orang” buka Frans Tanujaya, salah satu crosser senior yang juga pendiri Trabas.

Duluuuu sekali berawal dari 10 orang yang memiliki hobi sama bermain adventure trail di Bandung, yaitu Pak Ableh, Hans Moja, Arya, Mang Uhi, Frans Tanujaya dan beberapa lainya. “Saat itu saya sering latihan motocross disirkuit Punclut, Bandung. ketika bosan latihan, suka naik gunung untuk refresing dan akhirnya bertemu dengan teman teman Adventure lainnya. Akhirnya terbentuklah Trabas ini” kenang Frans yang saat itu masih menggunakan Suzuki TS jumbo 2 tak 125cc langsiran 1993, wahhh motor legendaris tuhhh bro.

Bisa dikatakan Trabas inilah yang menjadi pioneer mempopulerkan kembali kegiatan Trail Adventure di Indonesia. Kagak sembarangan bisa menjadi anggota Trabas, musti melalui proses seleksi yang cukup ketat. Para calon anggota harus menjalani pelatihan dasar serta masa bimbingan hingga dirasa mampu dan mempunyai bekal yang cukup untuk menjadi trail offroader. Pada saat itu masih belum banyak peminat trail adventure, Trabas biasanya melakukan adventure dengan peserta dibawah 50 personil. “Kalau dulu agak sulit karena tidak ada survei lintasan dan berdasarkan spontanitas saja. Kalau sekarang kan sudah enak, jalur sudah melalui survei dahulu sehingga bisa dilalui dengan aman” papar Frans lagi.

frans tanujaya-pendiri trabas - dirt bikers indonesiaHingga pada tahun 2001, anggota trabas sepakat membuat kegiatan Trabas Merdeka yang dilakukan setiap bulan Agustus atau September dan terbuka untuk umum. “Trabas Merdeka lebih mengutamakan petualangannya. Hingga ada rumor yang beredar jika belum ikut Trabas Merdeka maka dianggap belum naik hajinya buat trail offroader” canda Frans. Dibandingkan dengan diluar negeri, Trail Adventure di Indonesia boleh dikatakan lebih variatif. Diluar negeri disebut Enduro dan ada sistem kompetisinya. “Indonesia boleh dibilang surganya Trail Adventure, peserta boleh keluar masuk hutan mana saja yang dianggap menantang. Kalau diluar negeri tidak boleh keluar masuk hutan sembarangan” ungkap Frans.

Dengan semakin berkembangnya Trail Adventure di Indonesia, Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai wadah otomotif diindonesia pun kemudian membuat prosedur keamanan dan juga panduan untuk Trail Adventure. Di tahun 2012 saja, tercatat sebanyak 65 event resmi di Pengprov IMI Jabar yang faktor keamanan dan keselamatannya telah terkontrol oleh IMI. “Melakukan Trail Adventure jangan hanya mengutamakan kesenangan saja. Namun keamanan dan juga keselamatan wajib diperhatikan. Panitia event harus berkoordinasi penuh tentang jalur, konsumsi, tim rescue dan juga menyediakan tim sweeper agar kejadian seperti di Balikpapan Kaltim yang menyebabkan 1 orang warga Australia meninggal pada 2 bulan lalu serta insiden seperti event Adventure di Parangtritis Yogyakarta pada minggu lalu dapat terhindarkan” Wanti Frans Tanujaya. (YAS)

Iklan

2 Comments on Sekilas Tentang TRABAS dan Adventure Trail Indonesia

  1. trabas…. inget dulu temen slh satu anggotanya…. sering minjem TS nya buat blusukan saat MABIM kampus

    http://macantua.com/2014/11/03/dan-kini-yamaha-semakin-ngikutin/

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: