Iklan
News Ticker

Ini Dia… Revolusi Trail Bike Dari FX Bike, M85 dan Zero MX…

fx-bike-trial-bike-trail-bike-mx-zero-11 Eng… ing… eng… kabar gembira brothers,… buat para pecinta adventure trail. Yup… di luar negeri sono lagi marak nrabas hutan dengan Trail Bike (TB). Dimensi TB begitu kecil namun sangat bertenaga dari namanya saja sudah bisa terbaca kalau ini merupakan kolaborasi antara trail dan sepede gunung. Mempunyai geometry yang dipadukan antara trail KTM 450sxf keluaran tahun 2007 di komparasi dengan geometry MTB (Mountain Bike) kategori downhill Yeti 303 tahun 2007.

fx-bike-trial-bike-trail-bike-mx-zero-6-dirt bikers indonesiaTak hanya dimensi yang terbilang kecil. Bisa dikatakan kalau TB ini adalah sepeda MTB yang dijejali mesin motor trail. Hampir 70 % spare part diambil dari MTB. Mulai dari system suspensi, setang, peredam kejut, spatbor, ban, pelek dan selebihnya hand made. Makanya TB ini paling enak kalau diajak nrabas hutan, Dirt Bikers yakin adventurer Indonesia pasti bakalan ngiler baca ulasan ini. Wkakakaka… banyak tipe dan pilihan mulai dari versi M85 bermesin Kawasaki KX85 (Italia), FX Bike (New Zealand) sampai MM yang electric moto Zero X Motorcycle (Santa Cruz,California).

Nyokkkk,…. kita sedikit bahas,….

m85-dirt-bikers-indonesiaM85 (Mountain 85cc)

TB jenis ini merupakan hasil rancangan dari seorang bernama Dustin Giffit dan Craig Seekins duo bikers yang demen dengan free ride (free style kallliii, kalo istilah di Indonesia). “Kita harus menyelesaikan proyek M85 ini dalam waktu 1,5 tahun” kompak duo bikers ini.

Alhasil dari dua kolaborasi otak Dustin dan Craig mencuat ide untuk menggabungkan dua geometry yang berbeda. Antara KTM 450sxf dengan downhill Yeti 303.

fx-bike-trial-bike-trail-bike-mx-zero-3-dirt-bikers-indonesiaFX BIKE (New Zealand)

Eitss… diNew Zealand ternyata sedang gempar dengan munculnya FX Bike yang dirancang oleh Mike Hodgkinson. FX Bike telah di produksi sebanyak 100 unit dengan dua pilihan cc setelah melakukan berbagai riset yaitu 85 cc dan 125 cc. “Saya melakukan hal ini karena melihat perkembangan motocross dan sepeda gunung disini kian pesat. Makanya saya berpikir untuk memasukan mesin kedalam MTB supaya ada nuansa berbeda dan baru” jelas Mike Hodgkinson.

Perbedaanya dengan M85 adalah bahwa FX Bike terlihat lebih ramping. “Berat nya hanya 40 Kg saja” imbuh Mike. Jelas dong, lha wong… frame (sasis) terbuat dari titanium dengan desain yang simpel, kalau kita perhatikan memang geometrynya hampir mirip dengan MTB.

geometri-mtb-dirt-bikers-indonesia

Jangan salah prend FX Bike banyak mengundang perhatian public disana. Croser macam Nick Saunders, pun ikut andil menjajalnya. “Desain sangat unik dan dikendarai dengan sangat mudah itu yang saya suka dari trail bike ini” ungkap Nick Saunder. Bahkan sampai John Kirkcaldie (penggemar MTB) dan Simon Maker (penggemar free ride) pun mengatakan hal sama.

mx-zero-trail-bike-dirt-bikers-indonesiaZero X Motorcycle

Ini diaaaa, di Indonesia sendiri sedang berkembang motor listrik yang lazim di pakai di jalan raya. Sedangkan diSanta Cruz,Californiapun mengalami hal yang hampir sama. Hanya saja produk yang bernama Zero X Motorcycle dan Blade XT ini diperuntukan bagi penggemar free ride. Bicara kontruksi bodi memang tidak jauh berbeda dengan FX Bike dan M85. “Meski pun Trail Bike Listrik ini tidak dipakai di jalan raya, kita pun tetap mengutamakan technology yang ramah lingkungan” jelas Neal Saiki, chief technology officer Zero X motorcycle.

Micky Dymond croser dan superstar supermoto selaku tim riset uji coba mengatakan “Kecepatanya mencapai 20 dk kalau di kalkulasi dengan motor bermesin 250 cc hampir setara”. Wowww… luar biasa.

Semoga berkenan,… apabila ada data yang kurang mohon diralat dengan share komentar brothers,…

Iklan

1 Comment on Ini Dia… Revolusi Trail Bike Dari FX Bike, M85 dan Zero MX…

  1. hanya bisa iri ngiler bro dan copas dari luar, dalam negeri ngak laku ke mahalan , mending ente modif bektril aje

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: